SEKILAS INFO
25-01-2021
  • 1 bulan yang lalu / Selamat kepada SMKN 1 Grati telah mendapatkan Juara 1 pada ajang Lomba Olimpiade TIK Digital 2020 dalam kategori Eksistensi Channel Youtube Sekolah.
  • 1 bulan yang lalu / Selamat dan sukses atas terpilihnya ananda Lugan Hasan Nudin sebagai Ketua OSIS SMKN 1 Grati periode 2020/2021.
29
Dec 2020
Sang Utama "King One" Hand Sanitizier

SMKN 1 Grati – Pada saat pandemi Covid-19 mengalami peningkatan yang sangat pesat, kebutuhan pemenuhan kesehatan pun melonjak naik, salah satunya kebutuhan hand sanitizer. Produk hand sanitizer yang terbatas membuat hand sanitizer sulit didapatkan. Hal inilah yang menjadi ide awal dan menginspirasi Daliyah, S.Pd, selaku Ketua Kompetensi Keahlian Kimia Industri membuat hatinya tergerak untuk memproduksi hand sanitizer demi memenuhi kebutuhan warga sekolah & masyarakat sekitar di masa pandemi Covid-19.

Alasan lain selain sulit didapatnya hand sanitizer di pasaran, yaitu beliau berpikir bagaimana caranya  memanfaatkan peluang bisnis yang ada namun tetap bias bermanfaat bagi orang lain, meskipun dalam keaadan yang kurang baik karena pandemi. Akhirnya Daliyah menjadikan memberanikan diri mewujudkan gagasannya dengan bantuan sekolah dan siswa jurusan Kimia Industri tentunya. Karena menurut beliau dengan adanya pemanfaatan peluang ini, siswa juga dapat langsung memahami dan mengetahui praktik membuat suatu produk seperti yang telah dipelajari dalam materi PKK (Produk Kreatif Kewirausahaan) dan OTK (Operasi Teknik Kimia) yang diterima siswa.
Akhirnya terciptalah produk hand sanitizer dengan nama “King One” yang memiliki filosofi tersendiri, yang diartikan sebagai raja paling utama. Latar belakang pemberian nama ini adalah sebagai simbol bahwa produk ini menjadi yang utama.

Produk buatan siswa SMKN 1 Grati dengan bimbingan K3 Kimia Industri ini memiliki kelebihan dengan tujuan utama yakni ramah lingkungan. Artinya beliau memanfaatkan bahan organik yang ada berupa penambahan ekstrak lidah buaya agar dapat tetap menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain itu kelebihan lain dari “King One” ini adalah membuat kulit kita tetap sehat dan bebas dari iritasi meskipun kita memakainya berulang kali. Selain itu kita tidak perlu khawatir saat menggunakan tangan kita untuk makan.

Proses pembuatan hand sanitizer membutuhkan kurang lebih 30 menit untuk satu liternya. Memiki satu varian rasa yaitu lemon dengan 6 macam ukuran kemasan dari 10ml hingga 1 liter. King One telah terproduksi lebih dari 50 liter, dan sudah terjual kurang lebih 500 botol, dengan pemasaran kepada warga dan melalui kerja sama antara sekolah dengan IDUKA (Industri Dunia Kerja).
Tidak berhenti di produksi dan pemasaran saja, ide lain tujuan dari diciptakannya “King One” hand sanitizer ini adalah karena beliau ingin dapat mengenalkan langsung hand sanitizer kepada warga sekitar yang masih awam tentang apa itu hand sanitizer. Dalam artian seperti masyarakat kecil terutama warga pasar yang setiap harinya bekerja bertemu dengan orang banyak. Akhirnya tercipta sebuah ide dan terinspirasi untuk melakukan kegiatan bakti sosial berupa sosialisasi langsung pembagian hand sanitizer gratis kepada warga pasar, serta penyemprotan disinfektan di balai desa sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap orang yang membutuhkan

.

SMK Negeri 1 Grati salah satu sekolah menengah kejuruan yang terbesar di wilayah timur Kabupaten Pasuruan. Berdiri sejak 10 Juni 2002 menerima siswa 600 siswa per tahun. Disini tersedia 8 program studi keahlian yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Pengecoran Logam, Kimia Industri, Teknik Audio Video, Multimedia, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Perikanan dan Akuntansi Keuangan Lembaga.

 

Jl. Raya Ngopak No. 1 Grati, Kab. Pasuruan
Telp    : 0343-482009
Fax     : 0343-483913
email  : smkn1grati_pas@yahoo.co.id

Arsip

Maps Sekolah