SMKN 1 Grati Raih Juara 1 BKK Awards Tingkat Provinsi Jatim

Grati, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Grati Kabupaten Pasuruan sukses menjadi Juara I Lomba Bursa Kerja Khusus (BKK) tingkat Provinsi Jawa Timur, yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jatim.

Keberhasilan SMKN 1 Grati patut diapresiasi, lantaran mampu menyisihkan seluruh perwakilan dari SMK se-Jawa Timur, dan berhak menerima penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Jatim Soekarwo dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rahman, di Jatim Expo Surabaya, Selasa (27 /11/2018) lalu.

Di sela-sela kesibukannya, Dra Nining Faridah MSi, Kepala SMKN 1 Grati mengatakan bahwa seluruh kriteria penilaian yang ditetapkan oleh dewan juri telah dilengkapi, mulai dari perizinan pendirian, program kerja, relasi dengan dunia usaha dan industri, hingga bukti pelaksanaan program kerja.
Selain itu, menurut dia, keunggulan yang tidak terkejar oleh sekolah lain dari SMKN 1 Grati yaitu mempunyai 9 kelas industri yang sudah berjalan, seperti YMPI, CJI, Metro TV, SUJA, Basmalah Mart Ponpes Sidogiri BOMA, Indonesia Power, dan Matahari Sakti.

Dijelaskan, siswa yang lulus dari SMKN 1 Grati 80 orang diminta untuk bekerja ke salah satu perusahaan seperti YMPI. Dimana YMPI meminta kelas sebelas dan kelas dua belas dididik kemudian begitu lulus direkrut ke perusahaan.

“Nah, inilah point penting sehingga kami terpilih menjadi juara BKK Award tahun 2018. Ini memang target saya pada waktu wisuda kemaren, sebenarnya delapan kelas dan alhamdulillah untuk tahun ini ada tambahan satu jadi sembilan kelas industri yang sudah berjalan,” ujar Ibu Kepala Sekolah.

Sedangkan untuk relasi dengan dunia usaha maupun industri, SMKN 1 Grati mengaku telah bekerja sama dengan 105 perusahaan baik lokal, nasional bahkan internasional yang sudah meneken MoU. Banyaknya perusahaan yang menjalin kerja sama, tak lain karena jurusan yang ada di SMKN 1 Grati sesuai dengan kebutuhan seluruh perusahaan tersebut.

Sementara itu, Ibu Nining berharap agar prestasi yang telah dicapai tersebut, dapat terus dipertahankan di tahun-tahun mendatang. Semoga lulusan SMKN 1 Grati mampu terserap seluruhnya ke perusahaan yang bermitra, karena ruhnya SMK menyiapkan anak menjadi tenaga kerja yang terampil dan mampu berwirausaha.

“Target ke depan, semoga semua lulusan SMKN 1 Grati bisa terserap semuanya sesuai dengan bidangnya serta yang terpenting anak-anak bisa bekerja dan tidak menyumbang pengangguran,” pungkas Ibu Kepala Sekolah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *